KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas
kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada
kami, sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah Pengantar Bisnis dengan Tema
Pemasaran.
Selain sebagai tugas, Makalah ini
dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang Pemasaran. Pemahaman
tentang Pengertian Pemasaran, Fungsi Pasar, Jenis-jenis Pasar dan
Manajemen Pemasaran.
Banyak sekali hambatan dalam
penyusunan makalah ini baik itu masalah waktu, sarana, dan lain – lain. Oleh
sebab itu, selesainya makalah ini bukan semata – mata karena kemampuan saya,
banyak pihak yang mendukung dan membantu saya. Dalam kesempatan ini, penyusun
mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak – pihak yang telah membantu.
Saya harapkan makalah ini nantinya
akan berguna bagi para pembaca, jika ada kesalahan dalam makalah ini saya
mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar dapat lebih baik lagi.
Jakarta, 5 Desember 2014
Penyusun
Penyusun
LATAR BELAKANG
Perusahaan dalam menjalankan
aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang
mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain itu perusahaan
juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang yang
dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari keberhasilan
perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh
konsumen.
Pemasaran merupakan salah satu ilmu
ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran
sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam
pangsa pasar, oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang dapat
memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalam memasarkan
produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaan tersebut
mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadap
tujuan perusahaan.
PENGERTIAN PEMASARAN
Pengertian Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu
dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya
untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Kotler
(2001) mengemukakan Definisi Pemasaran berarti bekerja dengan pasar
sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan
pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.
Menurut Stanton (2001), Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
Menurut Stanton (2001), Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
KONSEP PEMASARAN
Konsep
Pemasaran adalah konsep dimana
perusahaan atau produsen harus memberikan produk atau jasa ataupun pelayanan
yang diinginkan pelanggan yang ada ataupun pelanggan potensial untuk
mendatangkan keuntungan.
FUNGSI PEMASARAN
1. Fungsi
Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan
menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter)
untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2. Fungsi
Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta
menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati kebutuhan konsumen
dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb. Penyimpanan produk
mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi
Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat
dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran
dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain seperti
pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi /
penggolongan produk
JENIS-JENIS PASAR
Pasar memiliki sekurang-kurangnya
tiga fungsi utama, yaitu:
1.
Fungsi Distribusi
Pasar berperan sebagai penyalur
barang dan jasa dari produsen ke konsumen melalui transaksi jual beli.
2.
Fungsi Pembentukan Harga
Di pasar penjual yang melakukan
permintaan atas barang yang dibutuhkan.
3.
Fungsi Promosi
Pasar juga dapat digunakan untuk
memperkenalkan produk baru dari produsen kepada calon konsumennya.
Jenis-jenis
pasar dapat kita bedakan menurut beberapa kategori, yakni :
JENIS-JENIS PASAR MENURUT FISIKNYA
- Pasar konkret (pasar nyata) adalah tempat
pertemuan antara pembeli dan penjual melakukan transaksi secara langsung.
Barang yang diperjualbelikan juga tersedia di pasar. Contohnya, pasar
sayuran, buah-buahan, dan pasar tradisional.
- Pasar abstrak (pasar tidak nyata) adalah
terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon,
internet, dan lain-lain berdasarkan contoh barang. Contohnya telemarket
dan pasar modal.
JENIS-JENIS PASAR
MENURUT BENTUKNYA
- Pasar
Persaingan Sempurna (terorganisir)
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
JENIS-JENIS PASAR
MENURUT WAKTUNYA
- Pasar Harian adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung setiap hari dan sebagian barang yang diperjualbelikan adalah
barang kebutuhan sehari-hari.
- Pasar Mingguan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung seminggu sekali. Biasanya terdapat di daerah yang belum padat
penduduk dan lokasi pemukimannya masih berjauhan.
- Pasar Bulanan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung sebulan sekali. Biasanya barang yang diperjualbelikan barang
yang akan dijual kembali (agen/grosir).
- Pasar Tahunan adalah pasar yang aktivitasnya
berlangsung setahun sekali, misalnya PRJ (Pasar Raya Jakarta).
JENIS-JENIS PASAR
MENURUT BARANG YANG DIPERJUALBELIKAN
- Pasar Barang Konsumsi adalah pasar yang
memperjualbelikan barang-barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
- Pasar Sumber Daya Produksi adalah pasar yang
memperjualbelikan faktor-faktor produksi, seperti tenaga kerja, tenaga
ahli, mesin-mesin, dan tanah.
JENIS-JENIS PASAR
MENURUT LUAS KEGIATANNYA
- Pasar Setempat adalah pasar yang penjual dan
pembelinya hanya penduduk setempat.
- Pasar Daerah atau Pasar Lokal adalah pasar di setiap daerah yang
memperjualbelikan barang-barang yang diperlukan penduduk derah tersebut.
Contohnya Pasar Gede di Solo.
- Pasar Nasional adalah pasar yang melakukan
transaksi jual beli barang mencakup satu negara contohnya pasar senen.
- Pasar Internasional adalah pasar yang melakukan
transaksi jual beli barang-barang keperluan masyarakat internasional. Contohnya
pasar kopi di Santos (Brasil).
JENIS-JENIS PASAR MENURUT SIFAT PEMBENTUKAN HARGA
- Pasar Persaingan adalah pasar yang pembentukan
harga ditentukan oleh persaingan antara permintaan dan penawaran.
- Pasar Monopoli adalah pasar yang penjual suatu
barang di pasar hanya satu orang. Contohnya PT Kereta Api Indonesia.
- Pasar Duopoli adalah pasar yang penjualnya
hanya dua orang dan menguasai penawaran suatu barang dan mengendalikan
harga barang.
- Pasar Oligopoli adalah pasar yang di dalamnya
terdapat beberapa penjual dengan dipimpin oleh salah satu dari penjual
tersebut mengendalikan tingkat harga barang. Contohnya perusahaan otomotif
Astra Indonesia.
- Pasar Monopsoni adalah pasar yang pembentukan
harga barangnya dikendalikan oleh satu orang atau sekelompok pembeli.
- Pasar Duopsoni adalah pasar pembentukan harga
barangnya dikendalikan oleh dua orang atau dua kelompok pembeli.
- Pasar Oligopsoni adalah pasar yang pembentukan
harga barangnya dikendalikan oleh beberapa orang atau beberapa kelompok
pembeli.
MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran merupakan suatu
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalaian dari program-program
yang dirancang untuk menciptakan, membangun , dan mempertahakan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran berasal dari dua
kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong Pemasaran adalah analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusaahaan. Sedangkan Manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan
pengawasan (Controlling).
Jadi, dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai
analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran tidak saja
menyangkut pencarian dan peningkatan permintaan, tetapi juga menyangkut
pengubahan bahkan pengurangannya. Dengan demikian, manajemen pemasaran berusaha
menentukan tingkat, waktu, dan sifat permintaan dengan cara sedemikian rupa
sehingga dapat membantu organisasi mencapai sasarannya.
Dalam kegiatan pemasaran di suatu perusahaan
harus dikelola dengan baik dan diorganisasikan dengan benar, artinya dalam
kegiatan pemasaran ini pemimpin atau manager harus merencanakan dan memanajemen
kegiatan pemasaran tersebut dengan baik dan secara menyeluruh (Swastha 2002 hal
18). Untuk itu diperlukan konsep atau falsafah dalam kegiatan pemasaran ini
agar dapat memberikan tuntutan pada usaha pemasaran sehingga akan dapat
tercapai keseimbangan antara kepentingan organisasi, konsumen, dan masyarakat. Sehubungan dengan itu dikenal lima konsep
dalam falsafah pemasaran, yaitu :
1.
Konsep Produksi
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan
menyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan mereka. Oleh karena itu
manajemen berkonsentrasi pada peningkatan efesiensi produksi dan distribusi.
Konsep ini merupakan alternatif dalam menghadapi dua situasi yaitu pada saat
permintaan melebihi pasokan, dan pada saat biaya tinggi.
2. Konsep Produk
Konsep ini berpegang teguh pada anggapan
konsumen yang akan menyenangi produk yang menawarkan mutu, penampilan, maupun
keistimewaan dibandingkan produk sejenis. oleh karena itu manajemen pemasaran
harus membuat produk sesuai dengan selera yang diinginkan konsumen.
3. Konsep Penjualan
Konsep ini memenekankan pada anggapan konsumen
yang tidak akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha pomosi
dan penjualan. oleh karena itu manajemen pemasaran harus melakukan usaha
promosi dan penjualan agar konsumen tertarik dan mengetahui manfaat dari produk
yang dihasilkan.
4.
Konsep Pemasaran
Menurut konsep ini, kunci untuk mencapai
keberhasilan sasaran organisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran, serta mengupayakan pemenuhan kepuasan yang lebih baik
ketimbang apa yang dilakukan pesaing.
5.
Konsep Pemasaran
Kemasyarakatan
Menurut konsep ini, tugas organisasi berhubungan
dengan penentuan kebutuhan, keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk
memberikan kepuasan yang lebih efisien dan efektif dari pada pesaing dengan
cara mempertahankan dan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat
secara menyeluruh.
KESIMPULAN
Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan
kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran.
Manajemen pemasaran merupakan suatu analisis, perencanaan,
implementasi, dan pengendalaian dari program-program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun , dan mempertahakan pertukaran yang bermanfaat dengan
pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Dasar-dasar pemasaran yang harus kita kuasai meliputi Pemasaran, Konsep
Pemasaran, Strategi Pemasaran, Turbo Marketing, Kebijaksanaan harga dan Promotion
atau Komunikasi Bisnis.
Pasar adalah tempat pertemuan
antara penjual dan pembeli disuatu wilayah atau tempat guna untuk memuaskan
keinginan yang berkaitan dengan permintaan dan penawaran untuk melancarkan
teransaksi dengan lebih baik.Sedangkan Pemasaran adalah suatu proses sosial
manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan
mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu
sama lain.
Tujuan
kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi
pembeli agar bersedia membeli harang dan jasa perusahaan pada saat mereka
membutuhkan. Agar tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus
memahami tentang perilaku konsumen. Setiap manajer pemasaran harus memahami
tingkah laku konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk secara lebih baik.
Oleh karena
itu, dengan adanya konsep pemasaran yang baik dan benar, diharapkan dapat
diaplikasikan ke dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi yang
sebenarnya. Sehingga kegiatan perusahaan
berjalan dengan baik dan semakin baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
M.Fuad, Christine H, Nurlela,
Sugiarto, dan Paulus Y.E.F. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar