Selasa, 31 Maret 2015

SEPENGGAL KISAH

Disini gue akan bercerita tentang sekilas perjalanan gue kenapa bisa kuliah di Gunadarma. Mungkin ini bukan kisah yang inspiratif tapi mudah-mudahan ada manfaat dari sekilas kisah perjalanan gue ini.

Jadi pas gue  SMA tepatnya pas kelas 12, gue sempet bingung “duh kuliah dimana ya” “jurusan apa ya yang bagus” “aduh minat gue tuh sebenernya dimana sih?” pertanyaan itu menghantui otak gue banget selama masa-masa terakhir SMA. Setelah diberi wejangan sama guru-guru disekolah, terus juga sama kakak-kakak ditempat les dan juga sama temen-temen lain. Akhirnya gue tau tujuan gue.

Awalnya gue mau masuk Akuntansi UI tapi yaudah itu cuma mimpi haha dan gue turunin pilihan gue jadi Ilmu Administrasi Fiskal UI dan Ilmu Administrasi Niaga UI. Kenapasih UI? Karena ortu ga ngebolehin gue kuliah di luar kota. Mereka khawatir bangetlah udah nethink banget kalo gue bakalan kuliah diluar kota. Dan kebetulan banget di kakak gue tinggal di Depok, jadilah gue memantapkan untuk memilih UI atas dasar nurut aja sama orangtua dan yaaa siapasih yang gamau masuk UI hehe.
Tibalah saatnya anak-anak kelas 12 untuk mengisi form SNMPTN. Dan disitu, gue milih Ilmu Adm Fiskal sama Ilmu Adm Niaga UI. Daftar lalu lupakan!

Terus ada acara CGTS (Campus Goes To School) tuhkan di sekolah, terus gue sempet nanya sama salah satu kakaknya jalur buat masuk UI itu apa aja. Terus selain SNMPTN, SBMPTN, sama SIMAK UI ada juga jalur lain yaitu PPKB UI. Singkat nya sih, waktu itu guru yang ngurusin soal PPKB ini tuh bilang kalo jalur ini tuh bisa diikutin sama siswa yang masuk peringkat 50 besar paralel, dan tiap kelas Cuma boleh ada 2 orang yang ikut jalur ini. Karena kuota jalur ppkb ini juga dibatasi, waktu itu pas angkatan gue sih kuotanya 13orang untuk satu angkatan. Dan Alhamdulillah waktu itu gue peringkat 14 paralel se IPS dan yaudah gue ikut. Dan disini tuh Cuma boleh pilih satu jurusan. Dengan segala kegalauan akhirnya gue memutuskan untuk memilih Ilmu Administrasi Fiskal.
SNMPTN udah daftar, PPKB juga udah daftar dan yaudah gue udah tinggal berdoa aja barangkali beruntung. Singkat cerita gue juga daftar SBMPTN dan pilihannya masih UI dan gue tambah pilihan terakhir Perpajakan UNBRAW, abis itu gue juga ikut SIMAK UI sampe milih 7 Jurusan:’)

Blablablablabla akhirnya pengumuman itu satu persatu keluar. SNMPTN gadapet, PPKB belum rejeki, SBMPTN belum jodoh dan yang terakhir SIMAK UI Allah berkata lain:’) gue ditolak 4 kali guys hahaha. Dan yang paling sakit dan bikin down itu pas ditolak simak ui karena itu udah bener-bener jalur terakhir gue masuk ui dan yaudah sedih haha. Sempet bingung juga abis itu mau daftar swasta dimana, mau daftar di PNJ eh udah tutup pendaftaran haha terus mau ke Universitas Pancasila atau Univ univ yang di Tangerang. Tapi tiba-tiba kakak gue merekomendasikan Universitas Gunadarma. Sebelum kakak gue rekomendasiin bahkan gue gatau apa-apa tentang Gundar ini haha.

Singkat cerita akhirnya gue daftar di Universitas Gunadarma jurusan Akuntansi. Kenapa Akuntansi, karena dari SMA pun gue udah seneng sama akuntansi dan kayanya ini udah sesui passion gue hehe. Sempet setengah hati sih awal-awal masuk gundar haha secara masih kebayang-bayang kampus tetangga. Tapi seiring berjalannya waktu gue mulai bisa ikhlas dan berfikir “oh yaudah mungkin Allah lebih ridho gue di Gundar. Lagian toh kampus sama aja kok tergantung kitanya. Dan Gundar juga termasuk kampus yang berprestasi buktinya bisa masuk urutan ke 11 perguruan tinggi yang masuk peringkat nasional dari kurang lebih 400 kampus di Indonesia.” bisa dilihat disini.

Hehehehe harus bangga lah sama kampus sendiri. Dan yang bikin betah di Gundar ga lain ga bukan karena temen-temen kelas yang sekarang udah akrab satu sama lain.

Dari sekilas pengalaman gue ini sih kalian juga udah pasti udah bisa nilai sendiri kalau apa yang kita rencanain kadang ga harus sesuai sama yang kita dapet. Kita boleh berencana tapi Allah yang berkuasa mau mengabulkan rencana kita atau ngasih rencana lain yang lebih baik.


“Sometimes not getting what you want is a wonderful stroke of luck, we may not realized what “luck” is lied behind God’s decision, just be sure that it will eventually revealed by the time.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar